Selasa, 15 November 2011

manusia dan tanggung jawab

Tanggung jawab merupakan sikap yang terpuji yang harus di miliki setiap insan untuk memperoleh kebaikan , setiap individu pasti memiliki sifat ini , semakin baik perlakuannya semakin tinggi pula sikap tanggung jawabnya .
frekuensi tanggung jawab manusia memamng berbeda-beda , hal ini dapat diukur dari keadaan di sekitarnya .. dan karena tanggung jawab dituntut dalam kehidupan bermasyarakat dan setiap kalangan memiliki masalah dan pertanggung jawaban yang berbeda-beda .

sikap tanggung jawab sangat berpengaruh sekali untuk  membawa kita ke arah yang positif , dan sikap tanggung jawab sangat di tuntut bagi orang-orang yang memiliki tanggung jawab seprti contohnya pemimpin . Pemimpin dalam keluarga , pemimpin suatu organisasi , pemimpin perusahaan , dan pemimpin bangsa .

Tanggung jawab dapat di bedakan menjadi dua bagian yaitu :
1. Tanggung jawab individu .
    Yaitu Tanggung jawab terhadap diri sendiri bagaimana cara kita membawa diri kita ke arah yang baik , dan memprtanggung jawabkan segala apa yang kita lakukan , dan tanggung jawab terhadap fikiran (akal) , harta , waktu dan kehidupannya secara umum .

2. Tanggung jawab kepada orang lain atau lingkungan sekitar
    Yaitu kita dituntut untuk bersikap tanggung jawab terhadap orang lain di sekitar kita dan lingkungan terdekat kita , karena seperti yang kita ketahui manusia tidak akan mungkin hidup sendiri pasti membutuhkan orang lain untukpengembangan dirinya sendiri . Secara logika bisa dikatakan tidak pantas untuk menuntut tanggung jawab kepada orang lain sedangkan kita tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap mereka .

Dan kita sebagai manusia yang tidak hidup sendiri , harus menyadari bahwa sikap tanggung jawab memang harus di miliki oleh diri kita masing-masing untuk kemajuan dan perkembangan diri kita dan diri orang lain .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar