Senin, 09 Januari 2012

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Manusia dan Kegelisahan .
sebelum kita membahas lebih jauh kita harus mengerti apa arti dari kegelisahan itu sendiri .
jadi,
Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang artinya perasaan yang selalu merasa khawatir, tidak memiliki ketenangan jiwa , selalu merasa cemas , tidak pernah tenang menjalankan hidup . Gelisah merupakan emosi yang biasa di rasakan setiap manusia bila ada yang dipikirkan . menjalani hidup edengan beban pikiran .. tidak pernah santai menjalani hidup .
Jadi dalam kehidupan sehari-hari kegelisahan dapat di artikan sebagai suatu perasaan manusia , yang menunjukkan sifat cemas ,kekhawatiran ataupun rasa takut .
memiliki kegelisahan yang berlebihan juga dapat kita kaitkan kepada emosional diri sendiri yaitu frustasi , seperti memiliki sesuatu yang tidak bisa ia capai atau sesuatu yang menurutnya akan tidak baik bagi dirinya .
kegelisahan bisa timbul pada saat sedang memikirkan masalah yang belum bisa ia selesaikan atau belum bisa ia capai , jika dilanjutkan secara berlebihan akan menimbulkan sifat paranoid dalam diri mannusia itu sendiri .
Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat ,bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia :

  1. Kecemasan kenyataan (obyektif) : kecemasan yang timbul bisa dari dalam lingkungan seperti ,barang-barang yang pernah mencelakakannya karena sifat bawaan .
  2. Kcemasa neurotik : Timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah . Menurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi menjadi tiga : 
  •  kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan
  •  Bentuk ketakutan yang irasional (phobia)
  •  Gagap
     3.  Kecemasan moril : disebabkan karena pribadi seseorang .
Biasanya orang yang memiliki kegelisahan yang berlebihan bisa merasakan kesepian , ketrasingan dan ketidakpastian.

Sesungguhnya akibat-akibat diatas bisa kita hindari dengan cara tidak terlalu memikirkan masalah secara berlebnihan . Tidak terlalu terobsesi dengan sesuatu , bisa menahan emosi jiwa , mnelawan phobia dengan perlahan . Karena sesungguhnya penyebab kegelisahan itu ialah rasa tidak ingin kehilangan Hak , seperti hak untuk hidup , hak kepemilikan dan sebagainya.                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar