Jumat, 16 November 2012

Dunia Maya Potensial Pasarkan Produk UKM



 Dunia Maya Potensial Pasarkan Produk UKM
Para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dirangsang untuk memiliki website. Sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, dibandingkan hanya mengandalkan produk melalui toko atau kios yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Berbisnis di dunia maya melalui online sangat besar potensi pemasarannya. Sangat berbeda dengan pemasaran melalui toko atau kios dalam mall yang untuk mendapatkannya harus mengalokasikan anggaran antara Rp 200 hingga Rp 300 juta.
Berdasarkan kajian yang dilakukan pada tahun 2008 katanya, potensi berbisnis melalui dunia maya, memiliki omset hingga Rp 3.300 triliun dalam setahun. Jika dilihat potensi pengguna internet di Indonesia mencapai sekira 42 juta jiwa dan seluler mencapai 160 juta orang.
Memang hal untuk melakukan pemasaran melalui dunia maya, tidak mudah, apalagi berjalan mulus. Karena terkendala pada masalah kepercayaan konsumen. Sebab sekali melakukan penipuan, akan sulit baginya untuk bangkit kembali. Jika hilang kepercayaan, akan sulit bagi pelaku usaha untuk bangkit.
Sehingga pemerintah perlu membuat simulasi dan regulasi untuk menjaga kepercayaan tersebut melalui pendataan dan verifikasi UKM. "Transasksi e-bisnis yang melayani publik harus terdaftar. Harus ada persyaratan, termasuk sertifikasi andalan," dan hal ini merupakan serta tanggungjawab pemerintah dalam melakukan pendataan. Sehingga, dapat menghindari terjadinya penipuan.
Selama ini sebutnya, mereka dalam menjalankan usahanya biasanya membutuhkan tempat dan waktu. Akan tetapi dengan e bisnis, pemasaran yang dijangkau justru lebih luas. Karena bisa Indonesia dan juga seluruh dunia. Menyangkut dampak negatif dari penggunaan internat , menurutnya tidak bisa dihindari, meski demikian harus dilihat dari sisi positifnya.


Sumber :
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/10/11/119481/dunia_maya_potensial_pasarkan_produk_ukm/#.UKb-teQ9pFw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar