Senin, 20 Oktober 2014

PENGUKURAN DAN RISET PEMASARAN



PENGUKURAN DAN RISET PEMASARAN
Pengukuran adalah pemakaian satuan-satuan kuantitatif maupun kualitatif pada objek (subjek) penelitian , yang mendeskripsikan jumlah atau tingkat properti-properti yang dimiliki objek tersebut.
1.      Data Nominal
Data nominal memilikii beberapa sifat :
a.       Data nominal hanya melakukan kategorasi variabel yang diukur . Satu kategori dengan kategori lain tidak dapat diurutkan berdasarkan tingkatan
b.      Data nominal tidak memiliki jarak
c.       Data nominal memiliki alat analisis terbatas seperti Uji Kai kuadrat (chi-square) ,

2.      Data Ordinal
Apa yang dimiliki data nominal yaitu kategorisasi variabel,juga dimiliki data ordinal. Bedanya kategori0kategori dalam data ordinaldapat diurutkan. Dalam data ordinal,hanya ada urutan tetapi tidak ada jarak antar kategori.

3.      Data Interval
Data interval memiliki kekuatan data nominal dan data ordinal dengan satu tambahan: jarak antara satu kategori dan kategori lain jelas. Yang belum bisa dilakukan dengan dayta interval adalah perbandingan absolut.

4.      Data Rasio
Data rasio memiliki kekuatan data nominal, data ordinal dan data interval dan satu kelebihan yakni dapat diperbandingkan secara absolut.

Teknik Skala
1.      Skala Likert
Skala likert disebut juga summated rating scale. Skala ini banyak digunakan karena memberi peluang kepada responden untuk mengekspresikan perasaan mereka dalam bentuk PERSETUJUAN terhadap suatu pernyataan. Pertanyaan yang diberikan berjenjang,mulai dari tingkat terendah sampai tertinggi. Jumlah pilihan jawabannya bisa tiga,lima,tujuh yang jelas harus ganjil.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan skala likert :
a.       Urutan pertanyaan perlu diacak
b.      Hindari keseragaman pilihan jawaban dengan mengacak titik ekstrem positif dan negatif.

2.       Skala Semantic Differential
Skala ini dapat digunakan untuk mengukur sikap dan persepsi terhadap korporat, produk, merek, dan sebagainya. Skala ini berisikan sifat-sifat bipolar (dua kutub) yang berlwanan.
Penggunaan Skala Differential Semantik ada 2 cara untuk menginterpretasi data yang diperoleh dengan skala ini :
1.      Menggunakan profil visual , yaitu diagaram ular (snake diagram)
2.      Menggunakan skala linier numerik. Dengan memberikan skor pada skala.
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar