Jumat, 25 Oktober 2013

TUGAS MENULIS BIOGRAFI PRIBADI

Hai...
Hai...
Ini adalah biografi tentang diriku,ya walaupun ga terlalu ada yang berarti bagi kalian para pembaca ,tetapi hidupku dan segala cerita yang ada di dalamnya sangat berarti bagiku . Awalnya nulis biografi ini karna ada tuntutan tugas dari dosen softskill ku tercinta tapi kalo difikir-fikir nulis biografi tentang diri sendiri dan mencoba berbagi pengalaman itu menarik juga yah. Hehe
Anyway...
Basa basinya segitu aja kali yah, sekarang aku coba perkenalkan diriku dulu deh . Nama ku Laila Oktavia, aku terlahir dari keluarga yang sederhana dan alhamdulillah sangat bahagia . Aku punya mamah yang pasti aku sayangin banget (kalian juga begitukan?!)”. Mamah itu orang yang sangat luar biasa ! Seperti anak-anak imut lainnya yang pasti berkata “Aku beruntung bisa jadi anak mamahku”.
Aku juga punya Ayah yang hebat banget,aku mungkin ga bakalan bisa jadi anak yg baik seperti sekarang  kalo ga karna papah (geer so jadi anak baik) . Aku bersyukur dan bangga punya orang tua seperti mereka,karna merekalah aku bisa sampai seperti sekarang ini.
Aku anak ke tiga dari tiga bersaudara (bontot) ,aku beruntung punya dua abang cowo jadi gaperlu sewa-sewa bodyguard lagi buat jagain aku, hihihi . Mereka juga abang-abang yang hebat mereka sayangin aku sepenuh hati mereka,mereka rela lakuin apa aja buat adiknya ,yaaaa walaupun mereka suka banget jailin aku, tapi itu juga salah satu bukti tanda cinta mereka sama aku . LOVE YOU BROTHA!!! Muaaacchh...
Aku lahir di tanggal 11 Oktober 1993 di malam hari pula,makanya ga aneh kalau namaku Laila Oktavia kalian taulah pasti artinya . Aku lahir dibekasi (anak bekasi asli coyyy) ,yang nyebelinnya abang-abang aku itu lahir dijakarta semua,soalnya waktu zaman mereka rumah sakit dibekasi belom ada ,ngeselin kan?!! ,pengen banget dibilang anak jakarta ceritanya.. hehe. Tapi orang tuaku dua-duanya asli darah batak jadi kalo sifat-sifat bataknya rada ngalir ke aku ya wajar, soalnya banyak yang bilang kalo aku itu judes dan galak ,hmmm..padahal aslinya aku itu wanita yang baik hati banget, hehehe.
Aku besar dilingkungan yang sederhana ,aku punya tetangga-tetangga yang saling perhatian satu dengan lainnya bukan yg ga kenal satu dengan yang lainnya kaya kawasan-kawasan elit disitu tuhhh.. hehe . Tepatnya di Pejuang Pratama Bekasi ,aku TK nol besar di TK ?? sumpah lupa nama Tknya. Haha . Aku masuk SD tahun 1999 tau deh bener apa engga pokoknya pas aku umur 6tahun, SD lulus 6 tahun lancarrrr.. hehe

Keputusan Papah sudah bulat !!

Nahh... ini dia nih yang wajib dijabarin satu persatu hihi . Setelah lulus SD papah ku nyuruh aku buat masuk ke Pesantren untuk lanjutin belajar disana ,bayangin anak umur 12 tahun disuruh nuntut ilmu pisah dengan keluarga,belajar dan berjuang sendiri demi meraih masa depan (agak lebay) .But anyway kenapa papah tega lakuin itu karena ada sodara aku tepatnya aku panggil beliau ompung tp bukan org tua dr papah atau mamah yah. Ompungku itu punya anak yang udah duluan dimasukin ke pesantren belajar disana menuntut ilmu sebatang kara tanpa orang tua (mulai deh lebai lagi!) .Nah...Ompung ku berbagi crita lah ke papah,entah apa yang diomongin ompung ke papah sampe-sampe papah juga buat keputusan itu untuk bawa juga anak bontotnya ini kesana.

 “Keputusan papah udah bulat ! “ itu kata papah , aku bilang ke papah “pah...aku ga maukepesantren aku takut” papah dengan pasang muka serius bilang “kalau kamu ga mau masuk pesantren ,cari aja papah mu yang lain ! jangan anggap kalo papah ini (sambil nunjuk ke dada papah) papah kamu!” wwwooooww kalo disinetron itu pasti udah ada sound effect kaya gini “JEENNNGGG....JEEEENNGGGG..” . ngeri banget! Dan waktu itu umur ku masih 12 tahun dan pastilah anak umur segitu takut dibilangin kaya gitu.
Setelah beberapa hari,waktu itu masih pagi banget jam setengah empatan pagi aku masih terlelap tidur,terus ada yang buka pintu kamar ku, ternyata itu papah sama mamah yang masuk. Mata yang masih setengah melek ini tiba-tiba langsung di gendong sama papah ,belom mandi,belom cuci muka apa lagi gosok gigi . Aku langsung di gendong masuk ke dalam mobil , hampir-hampir mirip kaya penculikan gitu tapi dilakuin sama ayah sendiri dan dibawanya bukan ke gudang yang gelap dan berdebu kaya yang aku liat di film-film  tapi ternyata malah di bawa ke pesantren tempat yang dimaksud papah buat nyekolahin aku SMP nanti . Itu gak adil ! tanpa pemberi tahuan apapun dan paksaan kaya gitu tiba-tiba aku udah sampe disana .Tapi anehnya, yang seharusnya aku marah dan kecewa  tapi ini aku malah takjub liat pesantren itu. Gak tau kenapa kaya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama sama pesantren itu ,soalnya ga seperti yang aku bayangin sebelumnya. Akhirnya aku disuruh liat-liat keliling pesantren dan aku ngerasa seneng banget liat-liatnya,banyak orang-orang pulang sekolah,mereka bicara ga ada yang pake bahasa indonesia. Banyak juga yg masih kecil-kecil kaya aku lari-lari karna takut terlambat masuk ke kelas.
Setelah selesai melihat-lihat akhirnya aku pulang kerumah, dijalan aku senyum-senyum aja. Papah juga yang seneng ngeliat aku ga kecewa dia cerita terus tentang kelebihan pesantren itu papah bilang “Kamu ga usah takut,nanti disana itu banyak temen-temen kamu,kamu bisa belajar bareng sama mereka ,ngobrol-ngobrol bareng sama mereka karna kamu bisa satu kamar sama teman-teman sebaya mu” . Aku hanya menjawab dengan senyum yang bahagia . Ketika sampai rumah aku selalu berfikir dan berfikir hingga sampai akhirnya aku dateng ke mamah papah dan bilang “papah,mamah ... aku mau banget deh masuk pesantren itu.” Papah sama mamah langsung senyum dan bilang “alhamdulillah...” .
Akhirnya hari itu pun datang juga,hari dimana aku berangkat ke pesantren untuk menuntut ilmu disana ,waktu itu aku masih kecil banget jadi yang ada difikiran aku ya cuma yang seneng-seneng aja seperti ketemu teman baru,sekolah baru,baju baru dan bisa berbicara bahasa inggris dan arab dengan lancar kaya kaka kaka kelas yang pernah aku lihat kemarin . Hari itu aku bahagia banget,ga ada sedih-sedihnya banget boro-boro mau nangis malah rasanya aku pengen cepet-cepet aja orang tua ku pulang dan aku bisa langsung berkenalan sama teman-teman baru sekamarku . Padahal keluarga ku itu sedih banget ngeliat anak cewe satu-satunya dikeluarga harus pergi sementara ninggalin mereka ,apa lagi mamah yang kerjaannya nangiiiissssss terus. Abang-abang ku juga pasti sedih soalnya ga ada adenya lagi yang bisa mereka jailin. Kalo papah, aku tahu papah juga berat tapi sesedih apapun papah ,papah pasti selalu pengen terlihat kuat . Papah ambil keputusan itu bukan karna papah ga sayang sama aku,tapi sebaliknya papah sayang banget sama aku, papah pengen yg terbaik buat aku. Papah selalu pengen liat anaknya jadi anak yang baik dimata orang terutama di mata ALLAH SWT dan papah yakin pesantren inilah jalan yang bisa mewujudkan keinginannya ,Aku tahu banget hal itu.
3 tahun berlalu alhamdulillah selama tiga tahun itu aku ga pernah dapetil masalah-masalah yang berarti ,aku hanya coba jalaninnya dengan ikhlas dan semampuku dan alhamdulillah juga orang tua ku bangga dan menghargai apa yang sudah aku lakukan dan aku usahakan selama aku sekolah dipesantren .

Aku di percaya jadi ketua kelas .

Aku hanya 3 tahun di Pesantren ku setelah itu aku lanjut SMA ke Madrasah (tetep sekolah islam) dan aku bersyukur dan bangga . SMA kelas 1 aku langsung dipercaya untuk menjadi ketua kelas oleh wali kelas dan teman-teman kelas ku (Karena terkenal galak kali yah) haha. Rada sulit memegang tanggung jawab sebagai ketua kelas,karna semua masalah kelas dan tentang koordinasi dan peraturan dan juga sikap anak-anak kelas itu semua dipegang oleh ketua kelas, sudah menjadi kebiasaan,kalo koordinasi dan kekompaka dikelas bergantung dari bagaimana ketua kelasnya .
Namun karena teman-teman kelasku yang baik pula dan mereka sangat mendukung ku jadi hal-hal yang menurut ku berat menjadi mudah ,dan selama aku menjabat satu tahun penuh itu semua bisa aku hadapi dengan mudah, Terimakasih temen-temenku tercinta .
Aku juga pernah ikut LDKS (Latihan Dasar Kpemimpinan Siswa) di SMA ku,aku ikut semua pelatihannya dan untuk masuk menjadi anggota kepemimpinan disekolah (lupa nama istilahnya waktu SMA,pokoknya kalo pas kuliah biasanya disebut anak BEM) hehe. Untuk masuk kesana semua peserta diseleksi untuk tahap pertama aku lolos untuk lanjut  tahap ke dua,tapi ditahap kedua ini persyaratnnya peserta diwajibkan mengikuti semua persyaratannya dan penyeleksian ini dilaksanakan diluar kota tepatnya dipuncak. Nah..... ini dia yang bikin aku ga bisa ikut tes tahap kedua ,biasaa papah ga ngijinin ,hmmmm... papah bilang “Gak perlu ikut-ikut kaya gitu,sekarang tugas kamu fokusin aja sekolah kamu,kalo ikut organisasi kaya gitu malah bikin fikiran kamu bercabang jadi ga bisa fokus sama tujuan utama kamu .” Gitu kata papah. Yah sebagai anak yang baik aku harus nurutlah .Semenjak itu stiap ada tawaran atau kesempatan ikut Organisasi aku ga pernah ikut soalnya pasti dilarang sama papah.
Tapi dalam berorganisasi di Masyarakat aku juga di ikutkan dalm kepanitiaan Karang taruna dirumah ku dan aku yang bertanggung jawab untuk melaksanakan acara-acara anak muda dirumahku , di acara tujuh belasan juga aku dipercaya untuk bertanggung jawab untuk menentukan kegiatan-kegiatan dan lomba serta pelaksanaanya . Itu diizinin soalnya waktu papah lagi menjabat sebagai ketua RT pasti malu lah masa anak Pak RT ga ikut berpartisipasi . hehehehe

KULIAH !!!

Tiga tahun hampir berakhir di kelas 3 SMA aku mulai dihadapi dengan latihan-latihan,les-les dan pelajaran tambaha atau semacamnya lah karen bentar lagi kita aka hadapi Ujian Nasional atau biasa dikenal UN. Belajar terus sampe mabok dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu datang ,aku mulai ujian selalu sebelum mulai ujian pasti suatu kewajiban untuk selalu berdoa dan berikhtiyar semoga dimudahkan dan di lancarkan semua dan bisa lulus dengan nilai yang baik. ALLAH menjawab doaku ketika pengumuman kelulusan tiba KAMI SEMUA LULUS!!! Semua teriak “ALHAMDULILLAAAAHHH....” bahagia dan terharu banget kami semua,waktu itu mungkin menurut kamu adalah hal yang paling membahagiakan bagi kami anak-anak MAN karna kami bisa lulus semua.
Pengumuman UN dibikin menarik sama guru-guru ,kenapa,tahu gak? Kita semua siswa dan siswi kelas 3 dikasih amplop yang isinya itu surat pemberitahuan kita lulus atau tidak, dibagiin satu-satu. Abis itu kita buka rame-rame dilapangan sekolah tapi apa yang terjadi kita lihat tanda “LULUS” tapi yang tercantum bukan nama kita melainkan nama-nama teman kita yang lain, jadi itu malah bikin kita makin panik buat nyari surat pemberitahuan yang tertulis jelas itu nama kita. Lapangan seketika langsung kisruh,semua anak-anak kelas 3 lari-lari dan muter-muter sambil teriakin nama yang tercantum di surat yang kita terima . Kalo aku sendiri lupa waktu itu terima nama siapa,aku teriak-teriak nyariin orang itu .Pas lagi teriak aku denger ada yang manggil namaku “Eh Laila Oktavia mana??ini punya dia,hellloo Lailaaaaa” temenku teriak. Kau denger otomatis langsung aku samperin suara aku ,pas aku ketemu orang yang nerima surat atas nama aku ,aku langsung tanya dia “gue lulus ga?? “ nanya sambil berdoa dalam hati. Dia jawab “Lo liat aja sendiri,gue gak tega! Maaf yah” ,Makin degdegan ,pas aku buka dan baca ternyata......
AKU LULUS !!! YEYYYYY KULIAAAAHHHHHHHHHHHHHHHHHH !!! itu langsung sujud syukur semua degdegan panik,gemeteran cair seketika berganti haru dan bahagia banget. Aku langsung sujud syukur di LAPANGAN, sambil berdoa “terimakasih yaa Allah ,tidak ada kata lain selain ucap syukur dan terimakasih yang bisa aku panjatkan kepada-MU.” Seeneeeeng banget .
Akhirnya pulang sambil bawa surat itu dan kasih tahu ke keluarga , keluarga juga bahagia.. pokoknya inti ceritanya aku lulus dan langsung lanjut kuliah, alhamdulillah orang tuaku mampu untuk membiyayai aku untuk lanjut menuntut ilmu ke bangku kuliah ,Yah sampe sekarang ini dan akhirnya ketemu ibu softskill tercinta yang kasih aku tugas ini untuk tulis Biografi diri sendiri ini. Terimakasih ibu ,seneng bgt ternyata bisa nulis biografi tentang diri sendiri . pas baca ulang untuk ngoreksi tulisan sendiri jadi bisa bikin ketawa-tawa sendiri. Ternyata Biografi pribadi itu bisa juga kita jadikan cerita yah .. hehe
Terimakasih Ibu ...







4 komentar: