Rabu, 19 Maret 2014

rogram Visual Basic (VB) dan object oriented programming

Berikut ini adalah pembahasan tentang Program Visual Basic (VB)  dan object oriented programming  tulisan ini dibuat untuk senantiasa membagi sedikit informasi tentang hal diatas . Pembahasan diatas diantaranya adalah sebagai berikut .

Program Visual Basic (VB)

Pengertian Microsoft Visual Basic
Microsoft Visual Basic Sebuah Aplikasi buatan microsoft yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis GUI (Grapicle User Interface) menggunakan bahasan basic atau merupakan sebuah bahasa pemograman yang menawarkan Integrated Development (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak baebasis system informasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemograman.

Jendela utama dari Visual Basic
a.              Title bar (baris judul) : baris judul berisi nama proyek, model operasi visual basic sekarang dan form yang aktif.
b.             Menu bar : merupakan drof-down di mana kita dapat mengontrol operasi dari lingkungan visua basic. Jendela utama juga menampilkan lokasi dari form yang aktif relative terhadap sudut kiri atas layar.
c.              Toolbar : berisi kumpulan gambar yang mewakili perintah yang ada di menu. toolbar adalah tombol-tombol yang memiliki suatu perintah tertentu dari visual basic.

Berikut adalah Kontrol Box Standar beserta pengertiannya :
a.              Label merupakan control yang dapat menampilkan teks, namun tidak dapat diedit oleh user.
b.              Text box merupakan unit kontrol yang dapat menampilkan teks, di mana user dapat berinteraksi dan mengeditnya.
c.              Command merupakan unit yang akan membuat sebuah tombol yang umumnya digunakan untuk mengeksekusi sebuah data atau untuk memasukkan proses-proses.

Object Oriented Programming

Pengertian Object Oriented Programming
sebuah pendekatan untuk pengembangan atau development suatu software di mana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesaian suatu proses atau tugas.

Keuntungan OOP (Object Oriented Programming)
1. Lebih cepat (tidak perlu mengetikan kode program untuk setiap objek).
2. resiko kesalahan kecil, maintainability (kemampuan untuk mudah dikelola).
3.extensibility (kemampuan untuk dapat diperluas).
4. reusability (kemampuan untuk dapat digunakan kembali).

»  Fungsi dari ...
1.              Jendela project : komponen ini digunakan untuk mengelola file yang menyusun sebuah proyek. Project explorer ini berisi daftar form, modul class, dan file resource yang digunakan dalam sebuah proyek.
2.              Jendela form : adalah daerah kerja utama, di mana dapat digunakan untuk membuat program-program aplikasi visual basic. Form ini menjadi pondasi tempat diletakkannya control-kontrol yang dimiliki oleh visual basic.
3.              Jendela properties : jendela yang digunakan untuk mengatur properties sebuah objek.
4.              Jendela toolbox : sebuah kotak piranti yang mengundang semua objek atau control yang dibutuhkan untuk membuat suatu program aplikasi.
5.              Jendela kode : digunakan sebagai tempat menuliskan atau menyunting rutin program visual basic.

Sekian pembahasan saya kali ini, tentu saja masih banyak kekurangan didalam penulisan saya diatas jika ada banyak kekurangan saya memohon maaf . Dan Semoga bermanfaat J

Daftar Pustaka :
-                 Lab Gunadarma (SIM) semester lanjut
-                 Pratiwina.wordpress.com/2014/04/21/pengenalan-visual-basic/
-        Kikimau.wordpress.com/2012/03/25/la-sim-minggu-ke-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar