Berikut ini adalah pembahasan tentang Microsoft Accsess tulisan ini dibuat untuk senantiasa
membagi sedikit informasi yang bermanfaat guna menambah pengetahuan dan wawasan
kita.
Pembahasan diatas diantaranya adalah sebagai
berikut .
● Pengertian Microsoft Access
Pengertian Microsoft Access (atau Microsoft
Office Access) adalah sebuah program
aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan
dan perusahaan kecil hingga menengah., dan juga menggunakan tampilan grafis
yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
● Fungsi
Microsoft Access
digunakan
untuk mengolah data dan aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah
aplikasi data base dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk
pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil.
● Pengertian
dari Database, Tabel, Record, Dan Field
A.
Database adalah sekumpulan data yang
terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam
suatu organisasi.
B.
Table
adalah tempat untuk menyimpan data.
C.
Record adalah kumpulan dari field. Ex :pada
baris dan tulisan.
D.
Field adalah elemen data yang terkecil. Ex :
gabungan karakter.
Hampir
semua table yang akan dibuat memiliki sebuah field yang berfungsi sebagai
Primary Key, Primary key adalah atribut (field) yang dipilih untuk menentukan
struktur storage pada organisasi file multi key, adapun key lainnya disebut
dengan secondary key. Pengertian lainya Primary Key adalah suatu nilai dalam
basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai
dari primary key adalah unik.
Pengertian
Relationship dan Foreign Key
A.
relationship adalah relasi atau hubungan
antara beberapa tabel dalam database.
Definisi
lain relationship ( kaitan dengan foreign key) adalah keterkaitan antara
primary key dan foreign key (kardinalitas one to many atau many to many)
B.
Foreign Key adalah Sebuah kumpulan field
dalam satu relasi yang digunakan untuk me“refer” (menunjuk) ke suatu baris
(tuple) pada relasi yang lain (harus berkorespondensi dengan primary key pada
relasi yang kedua), seperti: ‘logical pointer.
● Pengertian
Report.
Reports
disediakan untuk membuat format pencetakan pada media kertas melalui printer.
digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap
di cetak di lembaran kertas
Apakah
dalam Microsoft Access menyediakan fungsi untuk membuat Report ?
Ya,
ms. access menyediakan fungsi dalam pembuatan record yaitu dengan menggunakan
fasilitas wizard dan bisa juga dibuat dengan cara manual.
Sekian
pembahasan saya kali ini, tentu saja masih banyak kekurangan didalam penulisan
saya diatas jika ada banyak kekurangan saya memohon maaf . Semoga bermanfaat J
Daftar
Pustaka :
- Lab Gunadarma (SIM) semester lanjut
- Pratiwina.wordpress.com/2014/04/21/pengenalan-visual-basic/
- Kikimau.wordpress.com/2012/03/25/la-sim-minggu-ke-3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar