Rabu, 19 Maret 2014

Microsoft Accsess

Berikut ini adalah pembahasan tentang Microsoft Accsess  tulisan ini dibuat untuk senantiasa membagi sedikit informasi yang bermanfaat guna menambah pengetahuan dan wawasan kita.
Pembahasan diatas diantaranya adalah sebagai berikut .

Pengertian Microsoft Access
Pengertian Microsoft Access (atau Microsoft Office Access)  adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah., dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

Fungsi Microsoft Access
digunakan untuk mengolah data dan aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi data base dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil.

Pengertian dari Database, Tabel, Record, Dan Field
A.             Database adalah sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.
B.              Table adalah tempat untuk menyimpan data.
C.             Record adalah kumpulan dari field. Ex :pada baris dan tulisan.
D.            Field adalah elemen data yang terkecil. Ex : gabungan karakter.

Hampir semua table yang akan dibuat memiliki sebuah field yang berfungsi sebagai Primary Key, Primary key adalah atribut (field) yang dipilih untuk menentukan struktur storage pada organisasi file multi key, adapun key lainnya disebut dengan secondary key. Pengertian lainya Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik.

Pengertian Relationship dan Foreign Key
A.             relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel dalam database.
Definisi lain relationship ( kaitan dengan foreign key) adalah keterkaitan antara primary key dan foreign key (kardinalitas one to many atau many to many)
B.             Foreign Key adalah Sebuah kumpulan field dalam satu relasi yang digunakan untuk me“refer” (menunjuk) ke suatu baris (tuple) pada relasi yang lain (harus berkorespondensi dengan primary key pada relasi yang kedua), seperti: ‘logical pointer.

Pengertian Report.
Reports disediakan untuk membuat format pencetakan pada media kertas melalui printer. digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran kertas

Apakah dalam Microsoft Access menyediakan fungsi untuk membuat Report ?
 Ya, ms. access menyediakan fungsi dalam pembuatan record yaitu dengan menggunakan fasilitas wizard dan bisa juga dibuat dengan cara manual.

Sekian pembahasan saya kali ini, tentu saja masih banyak kekurangan didalam penulisan saya diatas jika ada banyak kekurangan saya memohon maaf . Semoga bermanfaat J

Daftar Pustaka :
-        Lab Gunadarma (SIM) semester lanjut
-        Pratiwina.wordpress.com/2014/04/21/pengenalan-visual-basic/
-        Kikimau.wordpress.com/2012/03/25/la-sim-minggu-ke-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar